Mahasiswa KKN Tim II Undip, dari Sastra Indonesiam Syahna Salsabila Rusydi telah menyelenggarakan program kerja mengenai pelatihan dan praktik membuat iklan dengan copy writing.
Pelatihan ini telah dilaksanakan pada tanggal 30 Juli 2024 di Balai Desa Kalipucang. Para peserta yang hadir adalah ibu-ibu muda dari kelompok Fatayat yang memiliki UMKM rumahan. Dalam keberlangsungan pelatihan, Syahna Salsabila Rusydi memberikan materi pengenalan macam-macam copy writing yang berfokus pada pembuatan iklan digital.
Teknik penulisan iklan dengan cara AIDA (attention, interest, desire, action) menjadi salah satu materi yang menarik perhatian kelompok Fatayat Desa Kalipucang, pasalnya empat tahapan pemasaran ini terdengar asing bagi para peserta. Ibu Sriyati menjadi salah satu peserta yang tertarik dengan Teknik penulian iklan dengan cara AIDA ini, ia menanyakan tentang cara pemilihan bahasa yang efektif dan menarik.
Kemudian setelah pemaparan materi, Syahna juga memberikan contoh-contoh poster brosur iklan produk maupun jasa yang sudah dikemas dengan bahasa-bahasa iklan. Syahna memberikan contoh produk yang sering dijual oleh Masyarakat, seperti bakso, jajanan pasar, dan usaha laundry. Sesi pelatihan ini diakhiri dengan praktik membuat iklan bersama-sama.
“Saya biasanya hanya upload status WA, Mbak. Tapi lebih mudah langsung buat brosur dan kasih kata-kata begin iya.” Komentar Bu Sriyati di tengah-tengah praktik membuat iklan.
“Mbak, ini brosur punya mbak, boleh kukasih ke anakku? Dia sering jualan di sekolahnya” tanya Bu Selvi yang meminta brosur materi yang dibuat untuk luaran program kerja KKN.
Antusiasme yang hadir dalam program kerja pelatihan dan praktik pembuatan iklan membuat Syahna berharap ilmu yang diberikannya dapat berkelanjutan dan bermanfaat bagi para ibu-ibu muda agar mereka lebih berdaya.
Komentar Terbaru