Sastra anak dapat menjadi bahan bacaan yang berguna untuk meningkatkan literasi anak. Namun, seorang anak belum mampu untuk memilih bacaan sastra yang sesuai dengan usianya, sehingga orang dewasa perlu mengambil peran dalam hal ini. Oleh karena itu, Annisa Hendyani (22), mahasiswa Universitas Diponegoro yang tergabung dalam Tim II KKN Reguler Universitas Diponegoro tahun 2024, melaksanakan program kerja Pendampingan Pemilihan Bacaan Sastra Anak kepada Guru Sekolah Dasar. Program ini dilaksanakan pada tanggal 24 Juli 2024 di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah (MIM) Dimoro yang terletak di Desa Parangjoro, Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo.

 

Pelaksanaan program ini dilakukan dengan memberikan materi mengenai apa itu sastra anak, peran sastra anak, cara memilih bacaan sastra anak yang sesuai dengan usia anak, hingga penyerahan buku Panduan Pemilihan Bacaan Sastra Anak kepada guru kelas 2 dan 3 di MIM Dimoro, yaitu Sri Haryani (42) dan Surani (46). Pemilihan guru sebagai sasaran target program dilakukan dengan harapan bahwa ilmu yang telah diberikan nantinya dapat dipraktikan tidak hanya kepada murid kelas 2 dan 3 di MIM Dimoro pada tahun ajaran sekarang saja, akan tetapi dapat terus berlanjut kepada murid kelas 2 dan 3 di tahun pelajaran yang akan mendatang.

 

Luaran program ini berbentuk buku Panduan Pemilihan Bacaan Sastra Anak yang berisi materi tentang pengertian sastra anak, isi dan bentuk karya sastra anak, peran sastra anak, tahap-tahap perkembangan anak, serta pemilihan bacaan sastra anak yang sesuai dengan usia anak. Dengan adanya buku panduan ini, diharapkan guru dapat lebih mudah dalam memilih dan menggunakan bacaan sastra anak sebagai alat pembelajaran di kelas.

 

Melalui program ini, diharapkan masyarakat, terutama guru dan orang tua, dapat lebih memerhatikan bacaan sastra anak yang sesuai dengan usia anak guna meningkatkan tingkat literasi mereka.