Mengambil judul “Pengaruh Cerita dalam Gim RPG Genshin Impact Terhadap Minat Bermain Gim: Kajian Sosiologi Sastra”, skripsi yang ditulis oleh Tabitha Wahyu Wicaksono mencoba membuat terobosan dengan mengkaji gim dalam ranah sastra. Ini dikarenakan, selama ini, pandangan objek material terhadap karya sastra lebih banyak mengkaji teks dalam bentuk puisi, prosa, dan drama.

Dalam hasil penelitiannya, skripsi menyebut bahwa unsur-unsur, seperti alur cerita, karakter, setting, serta penceritaan dalam gim mempengaruhi minat penggunanya. Ini karena unsur-unsur tersebut diolah dengan menarik dan menawarkan hal yang berbeda.  Menjabarkan teori di seputar gim, penelitian ini menawarkan kebaruan dalam kajian ranah sastra. Tidak hanya itu, penelitian ini juga menjabarkan unsur-unsur naratif lain dengan lebih dalam. Pembahasan itu meliputi alur, setting, dan karakter yang saling berhubungan dan menguatkan satu dengan yang lain.

Penelitian ini pun telah diujikan di hadapan tim penguji yang terdiri atas Dr. Ken Widyatwati, S.S., M.Hum. dan Khothibul Umam, S.S., M.Hum.. Adapun penelitian ini mendapatkan bimbingan dari Dr. Redyanto Noor, M.Hum. selama proses pengerjaan.