Desa Beji, Rabu 19 Juli 2024 — Di sekolah yang hangat, salah satu Mahasiswa KKN TIM II Universitas Diponegoro yaitu Syifa Korina Ilmi yang berasal dari program studi Sastra Indonesia telah meluncurkan program “Membaca Bersama” yang dirancang khusus untuk meningkatkan literasi usia dini. Program ini bertujuan untuk menumbuhkan kecintaan membaca di kalangan anak-anak dan membekali mereka dengan keterampilan membaca yang solid sejak usia dini.
Program “Membaca Bersama” di laksanakan di SD Negeri 2 Beji, Beji, Kec. Tulung, Kab. Klaten, Prov. Jawa Tengah. Program ini dimulai sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan kemampuan membaca dan memahami teks di kalangan siswa-siswi. Kepala Sekolah SD Negeri 2 Beji, Ibu Sri Kadarwati, menjelaskan, “Kami menyadari betapa pentingnya membangun kebiasaan membaca sejak dini. Dengan kegiatan membaca bersama, kami berharap dapat meningkatkan literasi dan menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap buku.”
Dalam program ini, Syifa Korina meyampaikan materi kepada siswa-siswi kelas IV, V, dan VI SD Negeri 2 Beji. Program ini menggabungkan berbagai kegiatan membaca interaktif yang melibatkan siswa secara aktif. Siswa-siswi SD Negeri 2 Beji mengikuti sesi membaca buku anak yang telah disiapkan dan dipandu oleh Syifa Korina. Sesi membaca dilakukan dengan metode bercerita yang menarik, diikuti dengan diskusi tentang struktur naratif cerita yang dibaca. Program ini juga memberikan modul pembelajaran yang berisi materi tentang sastra anak dan literasi yang nantinya akan diserahkan kepada pihak sekolah SD Negeri 2 Beji.
Siswa-siswi SD Negeri 2 Beji dapat menerima materi dengan baik dan semangat. Respon dari siswa-siswi sangat positif terlihat dari Fara, seorang siswi kelas IV, yang memberikan interaksi ketika diskusi mengenai cerita dengan menyebutkan tokoh dan amanat dari cerita anak yang telah dibaca bersama.
Dengan program “Membaca Bersama” di SD Negeri 2 Beji, Beji, Kec. Tulung, Kab. Klaten, Prov. Jawa Tengah, tidak hanya mengajak anak-anak untuk mencintai membaca tetapi juga menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan mendukung. Inisiatif ini adalah contoh nyata dari membaca yang dapat membentuk masa depan anak-anak dan meningkatkan literasi untuk memahami makna serta tujuan dari buku atau karya tulis lainnya.
Komentar Terbaru